close

Minggu, 10 November 2013

Gravity (2013)

"Gravity" adalah sebuah film 3D produksi gabungan Amerika-Inggris dirilis tahun 2013 yang bertema fiksi ilmiah thriller dan juga drama antariksa. Film ini ditulis, diproduseri, disunting dan disutradarai oleh Alfonso Cuarón.

Film berdurasi 91 menit ini dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney yang berperan sebagai astronot yang selamat dari kecelakaan wahana antariksa ("Space Shuttle") yang rusak. Hanya mereka berdualah aktor dan aktris yang muncul sepanjang film, selain "akting suara" ("voice acting").

Cuarón menulis skenario bersama dengan putranya, Jonas dan berusaha untuk mengembangkan proyek di Universal Studios.

Setelah hak untuk proyeknya dijual, proyek tersebut malah mendapat perhatian dan menjadi daya tarik di Warner Bros. Studio tersebut mendekati beberapa aktris sebelum menempatkan Bullock sebagai pemeran utama wanita.

Robert Downey, Jr juga sempat terlibat sebagai pemeran utama pria sebelum meninggalkan proyek ini dan digantikan oleh Clooney.

"Gravity" menjadi film pembuka di "Venice International Film Festival" ke-70 pada bulan Agustus 2013. Penayangan perdananya di Amerika Utara dilakukan tiga hari kemudian di Festival Film Telluride. Film "Gravity" dirilis menyeluruh di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 4 Oktober 2013.

Film ini memperoleh pujian yang universal dari para kritikus dan juga penonton; kedua kelompok tersebut memberikan pujian untuk sinematografi Emmanuel Lubezki, skor musik dari Steven Price, penyutradaraan Cuarón, performansi Bullock dan kemajuan dalam efek visual di bawah pengawasan Tim Webber.

Pada tahun 2014, film ini dinominasikan untuk 10 Academy Awards (Oscar) ke-86, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik (Sandra Bullock). Film ini kemudian berhasil memenangkan 7 anugerah Oscar, merupakan yang terbanyak di ajang tahunan tersebut, termasuk kategori Sutradara Terbaik untuk Alfonso Cuarón, Musik Orisinil Terbaik untuk Price. Film ini juga mencetak prestasi besar di ajang "2014 Critics Choice Awards" dengan memenangkan tujuh penghargaan.

Rating Film "Gravity" versi "IMDb" : 8,5/10
Rating Film "Gravity" versi "Rotten Tomatoes" : 97%
Penghasilan Box Office Film "Gravity" : $675.210.669
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets