close

Kamis, 04 Juli 2013

Toy Story (1995)

"Toy Story" adalah sebuah film animasi komputer produksi Amerika bertema keluarga, persahabatan, komedi dirilis tahun 1995 yang diproduksi oleh "Pixar Animation Studios" dan disutradarai oleh John Lasseter. Dirilis oleh Walt Disney Pictures, "Toy Story" adalah film animasi komputer fitur-panjang pertama dan film pertama yang diproduksi oleh Pixar.

"Toy Story" menceritakan tentang sekelompok mainan antropomorfik yang akan berpura-pura mati setiap kali manusia hadir, dan berfokus pada hubungan antara Woody, sebuah boneka koboi (Tom Hanks), dan Buzz Lightyear, sebuah mainan berkarakter (Tim Allen).

Film animasi berdurasi 81 menit ini ditulis oleh John Lasseter, Andrew Stanton, Joel Cohen, Alec Sokolow, dan Joss Whedon, dan musik fitur oleh Randy Newman. Produser eksekutifnya adalah Steve Jobs dengan Edwin Catmull.

Pixar, yang telah memproduksi film-film animasi pendek untuk mempromosikan komputer mereka, didekati oleh Disney untuk memproduksi film animasi komputer setelah keberhasilan film animasi pendek "Tin Toy" (1988), yang diceritakan dari perspektif sebuah mainan kecil.

Lasseter, Stanton dan Pete Docter menulis pengerjaan cerita awal yang dibuang oleh Disney, yang mendorong untuk sebuah film lebih tegang. Setelah bencana naskah cerita, produksi dihentikan dan naskah ditulis ulang, dengan penggambaran lebih baik nada dan tema yang diinginkan Pixar yakni "mainan sangat ingin anak-anak bermain dengan mereka, dan bahwa keinginan ini mendorong harapan, ketakutan, dan semangat mereka". Studio tersebut, yang kemudian terdiri dari sejumlah kecil karyawan, memproduksi film tersebut di bawah kendala keuangan kecil.

Menjadi film terlaris pada pembukaan akhir pekannya, "Toy Story" melanjutkan meraup lebih dari $361.000.000 di seluruh dunia. Ulasan sepenuhnya positif, memuji baik inovasi teknis animasi dan kecerdasan dan kecanggihan skenario, dan sekarang secara luas dianggap oleh banyak kritikus sebagai salah satu film animasi terbaik yang pernah dibuat.

Selain rilis untuk "home media" dan rilis ulang bioskop, "Toy Story" - material yang terinspirasi telah memimpin keseluruhan dari mainan, video game, atraksi "theme park", "spin-off", "merchandise", dan dua sekuel "Toy Story 2"(1999) dan "Toy Story 3" (2010)- yang keduanya menerima sukses besar dan pujian kritis. "Toy Story" didaftarkan ke Kantor Registrasi Film Nasional (Amerika Serikat) sebagai "signifikan (penting/berarti) secara budaya, historis, atau estetis" pada tahun 2005; tahun pertama kelayakannya.

Rating Film "Toy Story" versi "IMDb" : 8,3/10
Rating Film "Toy Story" versi "Rotten Tomatoes" : 100%
Penghasilan Box Office "Toy Story" : $361.958.736
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets