close

Rabu, 24 Juli 2013

Ip Man (2008)

"Ip Man" (dibaca "Yip Man") adalah judul sebuah film Mandarin Hong Kong bertema semi-biografi seni bela diri dirilis tahun 2008 yang didasarkan secara bebas pada kehidupan Yip Man (Cina Tradisional : 葉問 ; Cina Sederhana : 叶问 ; Pinyin : Yè Wèn), seorang grandmaster (mahaguru) seni bela diri aliran Wing Chun dan guru dari Bruce Lee.

Film berdurasi 108 menit ini berfokus pada peristiwa dalam kehidupan Ip Man yang diperkirakan terjadi di kota Foshan selama Perang Sino-Jepang.

Film ini disutradarai oleh Wilson Yip, dan dibintangi oleh Donnie Yen sebagai Ip Man, dengan koreografi seni bela diri oleh Sammo Hung.

Para pemain pendukung meliputi Simon Yam, Lynn Hung, Lam Ka-tung, Xing Yu dan Hiroyuki Ikeuchi.

Ide dari film biografi Ip Man ini bermula pada tahun 1998 ketika Jeffrey Lau dan Corey Yuen mendiskusikan ide membuat sebuah film berdasarkan guru seni bela diri Bruce Lee. Namun, studio yang memproduksi film yang diusulkan tersebut tutup, dan proyek ini ditinggalkan. Produser Raymond Wong memutuskan untuk mengembangkan film Ip Man versinya sendiri dengan persetujuan penuh dari anak-anak Ip, dan meminta kepala pembuat film ke Foshan untuk meneliti kehidupan Ip.

Ip Chun, anak tertua Ip Man, bersama dengan guru seni bela diri Leo Au-yeung dan beberapa praktisi Wing Chun lainnya menjabat sebagai konsultan teknis untuk film ini. Pengambilan gambar utama untuk Ip Man dimulai pada Maret 2008 dan berakhir pada bulan Agustus; syuting berlangsung di Shanghai, yang digunakan untuk menwujudkan Foshan secara arsitektur.

Selama syuting, timbul konflik antara produser Ip Man dan pembuat film Wong Kar-wai mengenai judul produksi film. Wong, yang telah mengembangkan versi sendiri film biografi Ip Man, bentrok dengan produser setelah mengetahui bahwa film mereka akan berjudul "Grandmaster Ip Man" (Mandarin : 一代宗師葉問), yang terlalu mirip dengan judul film Wong. Para produser Ip Man setuju untuk mengubah judul film meskipun film Wong "terperangkap" (macet) dalam pengembangan. Film Wong, berjudul "The Grandmaster", dirilis pada tanggal 10 Januari 2013.

"Ip Man" melakukan pemutaran perdana di Beijing pada tanggal 10 Desember 2008, dan dirilis untuk bioskop di Hong Kong pada tanggal 19 Desember 2008. Film "Ip Man" menerima pujian luas dari para kritikus dan penonton. Sebelum rilis film ini, Raymond Wong mengumumkan bahwa akan ada sekuel, serial kedua berjudul Ip Man 2, dirilis pada bulan April 2010.

Ip Man meraup pendapatan kotor lebih dari US$21 juta di seluruh dunia, meskipun tidak dirilis di Amerika Utara dan sebagian besar Eropa. Menyusul kesuksesannya, film ini dinominasikan untuk 12 kategori "Hong Kong Film Awards" dan memenangkan penghargaan untuk Film Terbaik dan Koreografi Aksi Terbaik.

Rating Film "Ip Man" versi "IMDb" : 8,1/10
Rating Film "Forest Gump" versi "Rotten Tomatoes" : 84%
Penghasilan Box Office Film "Ip Man" : US$21.888.598
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets