close

Minggu, 30 Juni 2013

Infernal Affairs (2002)

"Infernal Affairs" adalah sebuah film Mandarin Hong Kong bertema kriminal-thriller dirilis tahun 2002 yang disutradarai oleh Andrew Lau dan Alan Mak. Film berdurasi 101 menit ini bercerita tentang seorang polisi yang menyusup ke dalam kelompok triad, dan seorang polisi yang secara rahasia bekerja untuk geng triad yang sama.

Judul film ini dalam bahasa Mandarin (無間道; Pinyin : "Wú Jiān Dào") secara harfiah berarti "Jalan (Alam) Tanpa Henti", sebuah referensi kepada Avici, tingkatan alam neraka terendah dalam agama Buddha, di mana seseorang mengalami penderitaan yang tiada henti-hentinya. Sementara judul bahasa Inggrisnya "Infernal Affairs" secara harfiah berarti "Perkara/peristiwa yang berhubungan dengan neraka".

Kutipan Buddhis dalam film "Infernal Affairs" ini di antaranya dari Sutra Nirvana Volume 19 : "Di antara delapan alam neraka besar, yang paling rendah dinamakan Alam Neraka Avici, yang dikarenakan makhluk di dalamnya mengalami penderitaan maha hebat tanpa henti, maka dinamakan Avici". Kemudian dari sabda Buddha : "Makhluk (manusia) yang mengalami penderitaan di neraka Avici, tidak akan pernah binasa, hidup terus, yang merupakan penderitaan terhebat di alam neraka Avici."

Karena kesuksesan komersial dan kritik film, "Infernal Affairs" diikuti oleh prekuelnya, "Infernal Affairs II", dan sekuel, "Infernal Affairs III", keduanya dirilis pada tahun 2003.

Publisitas pra-rilis "Infernal Affairs" berfokus pada pemain/pemerannya yang bertabur bintang seperti Andy Lau, Tony Leung, Anthony Wong, Eric Tsang, Kelly Chen dan Sammi Cheng, tetapi kemudian menerima pujian kritikus untuk alur/isi cerita orisinil dan ringkas serta gaya bercerita cepat.

Film ini sangat sukses di Hong Kong, yang dianggap sebagai "keajaiban box office" dan dipandang sebagai kebangkitan perfilman Hong Kong yang pada saat itu dianggap sangat kekurangan dalam kreativitas. Miramax Films memperoleh hak distribusi film ini di Amerika Serikat dan memberikannya rilis bioskop Amerika Serikat terbatas pada tahun 2004.

"Infernal Affairs" pada tanggal 12 Desember2002 di bioskop-bioskop Hong Kong yang mendapat pujian kritikus film dunia. Situs perhitungan ulasan film "Rotten Tomatoes" melaporkan bahwa 57 dari 60 ulasan yang dihitung adalah positif, dengan skor 95% dan sertifikasi "segar". "Infernal Affairs" memenangkan tujuh dari enam belas penghargaan yang dinominasikan pada "Hong Kong Film Awards" ke-22, mengalahkan film Zhang Yimou, "Hero", penghargaan Film Terbaik.

Film ini juga memenangkan penghargaan Film Terbaik "Golden Horse Awards"(Oscarnya perfilman Mandarin) dan "Golden Bauhinia Awards" di antara penghargaan lainnya juga. Film "Infernal Affairs" ibi menduduki peringkat No.30 di majalah "Empire" untuk "The 100 Best Film Of World Cinema" pada tahun 2010. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa dan merupakan film Hong Kong dengan peringkat tertinggi di daftar "Top 250 Film" dalam Internet Movie Database (IMDb)

"Infernal Affairs" kemudian diproduksi ulang oleh Martin Scorsese pada tahun 2006 dengan judul "The Departed", yang kemudian memenangkan "Academy Award" untuk kategori Film Terbaik.

Rating Film "Infernal Affairs" versi "IMDb" : 8,1/10
Rating Film "Infernal Affairs" versi "Rotten Tomatoes" : 95%
Penghasilan Box Office Film "Infernal Affairs" : HK$55.057.176
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets