close

Senin, 24 Juni 2013

Forrest Gump (1994)

"Forrest Gump" merupakan film epik romantis komedi-drama produksi Amerika dengan tahun rilis 1994 berdasarkan novel karya Winston Groom tahun 1986 dengan judul yang sama. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis dan dibintangi oleh Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise dan Sally Field.

Cerita ini menggambarkan kehidupan selama beberapa dekade Forrest Gump, seorang polos dan pandir namun luar biasa atletis yang berasal dari Alabama, yang menyaksikan dan dalam beberapa kasus, mempengaruhi beberapa peristiwa penting bersejarah pada paruh kedua abad ke-20 di Amerika Serikat, lebih khusus lagi, periode antara kelahiran Forrest pada tahun 1944 dan 1982.

Film ini berbeda secara substansial dari novel Winston Groom yang menjadi landasannya, termasuk kepribadian Gump dan beberapa peristiwa yang digambarkan. Film berdurasi 142 menit ini melakukan syuting pengambilan gambar di akhir tahun 1993, terutama di Georgia, North Carolina, dan South Carolina.

Efek visual ekstensif digunakan untuk menggabungkan protagonis dalam arsip "footage" dan mengembangkan adegan lain. Soundtrack komprehensif ditampilkan dalam film, menggunakan musik yang dimaksudkan untuk menunjukkan periode waktu tertentu yang digambarkan di layar. Rilis komersialnya menjadi soundtrack terlaris, dengan penjualan lebih dari dua belas juta kopi di seluruh dunia.

Dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Juli 1994, "Forrest Gump" diterima dengan baik oleh kritikus dan menjadi sukses komersial sebagai film terlaris top di Amerika Utara yang dirilis pada tahun itu, merupakan kesuksesan besar pertama untuk Paramount Pictures sejak penjualan studio tersebut kepada Viacom sebelumnya di awal tahun tersebut. Film ini meraup penghasilan lebih dari $677.000.000 di seluruh dunia selama pemutaran di bioskop.

Film "Forest Gump" memenangkan "Academy Awards" untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Robert Zemeckis, Aktor Terbaik untuk Tom Hanks, Skenario Adaptasi Terbaik, Efek Visual Terbaik dan Penyuntingan Film Terbaik. Film ini juga mengumpulkan beberapa penghargaan lain dan nominasi, termasuk di antaranya "Golden Globe Awards", "People Choice Awards" dan "Young Artist Awards". Sejak film ini dirilis, berbagai interpretasi telah dibuat terhadap protagonis film dan simbolisme politiknya.

Pada tahun 1996, sebuah restoran bertema, Bubba Gump Shrimp Company, dibuka berdasarkan film "Forest Gump", dan kemudian diperluas ke berbagai lokasi di seluruh dunia. Adegan Gump berjalan mengelilingi Amerika Serikat sering dijadikan rujukan saat orang dalam kehidupan nyata berusaha meraih prestasi. Pada tahun 2011, Perpustakaan Kongres memilih Forrest Gump untuk preservasi di Kantor Registrasi Film Nasional Amerika Serikat sebagai "signifikan (penting/berarti) secara budaya, historis, atau estetis".

Rating Film "Forest Gump" versi "IMDb" : 8,7/10
Rating Film "Forest Gump" versi "Rotten Tomatoes" : 71%
Penghasilan Box Office Film "Forest Gump" : $677.387.716
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets