close

Rabu, 11 Desember 2013

The Grandmaster (2013)

"The Grandmaster" (Judul Mandarin - Hanzi Tradisional : 一代宗師 ; Hanzi Sederhana : 一代宗师 ; Pinyin : Yī Dài Zōng Shī) adalah sebuah film seni bela diri drama Mandarin Hong Kong dirilis tahun 2013 berdasarkan kisah hidup Ip Man, grandmaster (mahaguru) kungfu aliran Wing Chun.

Film berdurasi 130 menit ini disutradarai dan ditulis oleh Wong Kar-wai dan dibintangi oleh Tony Leung sebagai Ip Man. Film "The Grandmaster" ini menghadirkan Zhang Ziyi sebagai pemeran utama wanita dan Song Hye-kyo sebagai pemeran pendukung wanita.

Terdapat beberapa film dalam berbagai versi yang juga mengangkat tema kisah kehidupan Ip Man yang sudah diproduksi sebelumnya di antaranya adalah "Ip Man", produksi tahun 2008, diikuti oleh sekuelnya "Ip Man 2" tahun 2010. Kedua film ini dibintangi oleh Donnie Yen sebagai Ip Man dan disutradarai oleh Wilson Yip.

Sementara film tentang Ip Man lainnya yang disutradarai oleh Herman Yau, yang tidak ada hubungannya dengan "Ip Man" yang dibintangi oleh Donnie Yen dan disutradarai oleh Wilson Yip.

Film-film tersebut di antaranya adalah "The Legend Is Born – Ip Man" produksi tahun 2010, dibintangi oleh Dennis To sebagai Ip Man, berkisah tentang kehidupan awal Ip Man, dan "Ip Man : The Final Fight" produksi tahun 2013, Anthony Wong berperan sebagai Ip Man, menceritakan tentang masa kehidupan selanjutnya Ip Man setelah sampai di Hong Kong.

Film ini dirilis pada tanggal 8 Januari 2013 di Cina. Film ini menjadi film pembuka pada "Berlin International Film Festival" ke-63 di bulan Februari 2013. Film ini terpilih sebagai bagian dari "Hong Kong International Film Festival" tahun 2013.

"The Weinstein Company" telah memperoleh hak distribusi internasional untuk film ini. Film ini telah dipilih sebagai wakil peserta Hong Kong untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-86 tahun 2014 dan masuk dalam nominasi Academy Awards ke-86 tersebut untuk kategori Sinematografi Terbaik (Phillipe Le Sourd) dan Desain Kostum Terbaik (William Chang Suk Ping).

Musik dalam film ini digubah oleh Shigeru Umebayashi, Nathaniel Méchaly dan komposer Italia Stefano Lentini, yang berkontribusi dengan karya aslinya "Stabat Mater" untuk soprano dan orkestra.

"The Grandmaster" telah mencetak penghasilan sebesar HK$21.156.949 (US$2,7 juta) di box office Hong Kong, dan meraup lebih dari 312 juta yuan (US$ 50 juta) di box office Cina Daratan, dan dengan demikian menjadi film Wong yang terlaris dengan penghasilan tertinggi sampai saat ini.

Rating Film "The Grandmaster" versi "IMDb" : 6,6/10
Rating Film "The Grandmaster" versi "Rotten Tomatoes" : 74%
Penghasilan Box Office Film "The Grandmaster" : ¥312.000.000
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets