close

Rabu, 09 Oktober 2013

Beauty and the Beast (1991)

"Beauty and the Beast" (Si Cantik dan Buruk Rupa) adalah sebuah fim animasi Amerika dirilis tahun 1991 bertema fantasi romantis musikal yang diproduksi oleh "Walt Disney Feature Animation" dan didistribusikan oleh "Walt Disney Pictures".

Diproduksi berdasarkan dongeng Perancis karya Jeanne-Marie Le Prince de Beaumont, "Beauty and the Beast" adalah film ke-30 dalam seri "Walt Disney Animated Classics" dan film ketiga dari "Disney Renaissance" ('Kebangkitan kembali Disney").

Menghadirkan suara Paige O'Hara dan Robby Benson, dengan Richard White, Jerry Orbach, David Ogden Stiers dan Angela Lansbury, film animasi berdurasi 84 menit ini menceritakan kisah seorang pangeran yang berubah menjadi binatang menyeramkan, sebagai hukuman atas kekejamannya dan keegoisannya, dan Belle, seorang wanita muda cantik yang dipenjarakan Beast di kastilnya.

Agar bisa menjadi manusia lagi, Beast harus mendapatkan cinta Belle, supaya ia tidak menjadi binatang selamanya.

Awalnya film ini telah disutradarai oleh Richard Purdum, yang mengundurkan diri menyusul keputusan CEO Disney Jeffrey Katzenberg untuk mengadaptasi cerita menjadi sebuah film musikal, "Beauty and the Beast" kemudian disutradarai oleh Gary Trousdale dan Kirk Wise dan ditulis oleh Linda Woolverton, dengan sebuah cerita oleh Roger Allers .

Howard Ashman dan Alan Menken menulis lagu film, dengan yang terakhir menyusun musiknya. Ashman, dengan jabatan tambahan sebagai produser eksekutif pada proyek, meninggal karena AIDS delapan bulan sebelum premiere film tersebut; film ini didedikasikan untuk dia.

Pemutaran perdana (premier) "Beauty and the Beast" diadakan di "New York Film Festival" pada tanggal 29 September 1991, diikuti dengan rilis teatrikal (bioskop) pada tanggal 22 November 1991 dengan ulasan yang sangat positif. Film ini menjadi sebuah kesuksesan besar box office, dan sejak itu meraup penghasilan lebih dari $424.000.000 di seluruh dunia.

"Beauty and the Beast" dinominasikan untuk beberapa penghargaan, memenangkan penghargaan "Golden Globe Award" untuk "Film Terbaik - Musikal atau Komedi". Hebatnya lagi, "Beauty and the Beast" menjadi film animasi pertama yang dinominasikan untuk "Academy Award" untuk kategori Film Terbaik. Film ini mendapat tambahan lima nominasi "Academy Award", termasuk Musik Orisinil Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan tiga nominasi terpisah untuk Lagu Orisinil Terbaik. Akhirnya, film ini memenangkan penghargaan Musik Orisinil Terbaik, sementara Lagu Orisinil Terbaik jatuh kepada lagu berjudul sama "Beauty and the Beast".

Pada tahun 2002, "Beauty and the Beast" dianggap "signifikan (penting/berarti) secara budaya, historis, atau estetis" oleh "Library of Congress" dan dipilih untuk pelestarian di "National Film Registry" (Kantor Registrasi Film Nasional Amerika Serikat)

Pada bulan April tahun 1994, Beauty and the Beast menjadi film animasi pertama Disney yang diadaptasi menjadi sebuah pertunjukan musikal Teater Broadway. Kesuksesan film ini melahirkan dua midkuel "langsung ke video" : "Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas", dirilis pada tahun 1997, dan "Beauty and the Beast: Belle Magical World", dirilis pada tahun 1998. Kemudian diikuti oleh seri televisi "spin-off" (lepas), "Sing Me a Story with Belle".

Sebuah versi edisi spesial IMAX dari film aslinya dirilis pada tahun 2002, dengan sebuah rangkaian musik baru berdurasi lima menit dimasukkan. Setelah kesuksesan rilis ulang 3D "The Lion King", film "Beauty and the Beast" kembali diputar di bioskop dengan format 3D di bawah pengawasan John Lasseter pada 13 Januari 2012.

Rating Film "Beauty and the Beast" versi "IMDb" : 8/10
Rating Film "Beauty and the Beast" versi "Rotten Tomatoes" : 92%
Penghasilan Box Office Film "Beauty and the Beast" : $424.967.620
Foto : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger Widgets